Merawat Komputer (Bag I)

06/10/2009 16:33

Perawatan PC adalah suatu hal yang harus dikuasai bukan saja seorang administrator komputer disebuah perusahaan besar, namun kemampuan untuk merawat PC ini harus dikuasai setiap pemilik PC bahkan setiap user (pemakai) sekalipun. Karena apabila kemampuan ini tidak dikuasai maka akan menjadi masalah besar yang jelas akan memperpendek umur dari sebuah Sistem Operasi bahkan akan memperpendek umur dari hardware PC itu sendiri. Atau tingkat kenyamanan dari penggunaan PC itu akan mengalami penurunan akibat dari perawatan yang kurang baik dari pemakainya.
Perawatan PC itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu perawatan Software dan perawatan hardware. Untuk perawan secara software akan dijelaskan dalam beberapa poin sebagai berikut :

• Gunakan Software AntiVirus yang terupdate secara periodik sebagai langkah pencegahan terhadap gangguan serangan virus. Lakukan minimal setiap minggu.

• Bersihkan file temporary secara berkala karena file temporary ini akan menumpuk menjadi sangat besar bahkan sampai ukuran Gigabyte. Anda bisa membersihkannya melalui disk cleanup yang disediakan oleh windows atau dengan menggunakan software lain seperti System Mechanic. System mechanic ini jauh lebih teliti dalam membersihkan file junk (sampah) namun software ini tidak gratis walaupun begitu ada versi trialnya yang dapat kita coba. Lakukan minimal setiap 2 minggu.

• Bersihkan juga file yang ada di Recyclebin (tempat sampah) karena secara default Recyclebin disetting sebesar 10% dari kapasitas sebuah drive untuk menyimpan file yang sudah dihapus. Berarti apabila sebuah drive berukuran 20 Gb maka kapasitas maksimal dari sebuah Recyclebin tersebut adalah 2 Gb sebuah ukuran file sampah yang sangat besar tentunya. Lakukan minimal setiap 2 minggu.

• Defrag secara berkala drive Anda, karena windows dalam menulis data di sebuah hardisk dilakukan secara acak. Dan untuk merapihkan kembali susunan file-file tersebut dengan jalan defragment. Dengan tersusunnya file-file tersebut maka kecepatan komputer untuk membaca data akan semakin tinggi. Anda bisa menggunakan defragment drive dari windows atau software lain misal voptXP sebuah tool defragment yang jauh lebih cepat dibandingkan defragment drive dari windows (untuk win 9x / Me) atau kalau untuk win 2000 / XP anda bisa menggunakan oodefragment. Lakukan minimal setiap bulan. Pasang juga software penjaga kesehatan sistem yang akan mendeteksi kesehatan sebuah Sistem Operasi disetiap detiknya seperti Norton Utilities.

• Lebih baik uninstall software yang tidak terpakai karena semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin memperberat kinerja sebuah komputer.

• Apabila Anda sering terkoneksi ke internet maka jangan lupa untuk menginstall software penghapus spyware (iklan) yang mengganggu bahkan akan memperberat kinerja system sehingga memperlambat koneksi. Misalnya Ad-Aware, software ini free dan sangat tangguh untuk melakukan tugas ini.

• Apabila Anda terhubung dengan jaringan dan sharing file maka berhati-hatilah dalam men-share folder penting. Usahakan untuk tidak men-share sebuah drive data atau system karena ini sangat berbahaya. Walaupun kita hanya terhubung dengan teman sekerja namun Anda sebaiknya tidak memancing sebuah tindakan yang tidak diinginkan bersama. Kalaupun harus share folder maka buatlah sebuah folder yang khusus untuk share dan apabila yang Anda share adalah file yang tidak berubah maka sebaiknya readonly saja jenis sharingnya. Dan juga jangan lupa untuk memberi password dalam men-share folder tersebut (win 9x / Me) atau silahkan edit permision siapa saja yang bisa menggunakan folder tersebut (win 2000 / XP) usahakan untuk user everyone readonly saja.

—————

Back